Jumat, 19 September 2008

Perangkat Keras Yang Digunakan Dalam Akses Internet

1. Perangkat Keras Beserta Fungsinya Untuk Keperluan Akses Internet.

Komputer merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk mengakses internet. Komputer itu terdiri dari perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (software). Namun pada sub bab ini akan dibicarakan masalah perangkat keras saja yang dapat digunakan untuk mengakses internet, walaupun tidak lepas harus menggunakan perangkat lunak (software) untuk membuka komputer. Komputer tidak dapat dijalankan tanpa adanya perangkat lunak untuk itu perangkat lunak tetap dibutuhkan.

a. CPU (Central Prosesing Unit)

CPU merupakan bagian penting dari sebuah komputer, karena merupakan otak dari komputer tersebut. CPU atau sering disebut dengan micro processor atau prosesor yang merupakan pusat pengelolaan data dan pengotrolan kerja komputer. Kinerja sebuah komputer untuk mengakses internet tergantung dari CPUnya.

CPU terdiri dari: Main board, Prosesor, Memory (ROM dan RAM), VGA card, Sound Card, Power Supply, Pin Telepon dan Modem Internal. Semua komponen dikemas dalam satu chasing. Untuk mengakses internet dibutuhkan minimal prosesor Pentium II. Pentium IV lebih baik karena pengaksesannya lebih cepat sehingga tidak banyak menggunakan pulsa telepon. Memory RAM sebaiknya minimal 64 MB, lebih besar memorinya lebih cepat dalam mengakses internet.

b. Monitor

clip_image002

Monitor merupakan alat keluaran yang memberikan tampilan visual kepada kita. Kita dapat melihat apa yang sedang dilakukan oleh program atau komputer di layar monitor. Komputer menampilkan pesan, informasi atau meminta masukan kepada kita dalam mengakses internet melalui monitor.

Tampilan layar monitor diukur dalam satuan pixed. Monitor yang digunakan pada perangkat keras dalam mengakses internet Monitor SVGA. Walaupun banyak jenis monitor yang lain CTR (Cathode Ray Tube), LCD (Liquid Crytal Disply), VGA, EGA dan XGA. Dengan resolusi 640 x 480 semakin besar resolusinya semakin tajam gambarnya. Ukuran layarnya 15 Inch.

c. Keyboard

clip_image004

Keyboard atau papan ketik perangkat keras yang memuat tombol-tombol untuk mengetik perintah atau data. Keyboard masih memegang peranan penting untuk mengakses internet dan menambah teks dalam komputer, meskipun saat ini telah dikembangkan program hand-writing dan perekam suara, perekaman tulisan dan perekaman suara untuk diubah menjadi teks.

Keyboard adalah papan ketik yang berguna untuk memasukan, menambah dan menghapus data atau program. Keyboard ini terdiri dari: papan ketik, tombol fungsi dan tombol numeric.

d. Mouse

clip_image006

Mouse sering disebut dengan tikus, jika diperhatikan bentuknya mouse juga seperti tikus. Mouse adalah alat penunjuk yang digunakan untuk mengatur gerakan pointer dilayar. Dengan menggeser mouse di bidang datar maka pointernya akan bergerak sesuai dengan gerakan tangan kita. Setelah posisi pointer sudah sesuai dengan yang kita inginkan maka kita klik bagian tersebut.

Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol namun yang kita gunakan hanya dua tombol, tombol paling kiri dan tombol paling kanan. Namun sekarang banyak mouse yang dilengkapi dengan rool untuk menggulung layar sesuai keinginan kita. Jika ditekan satu kali disebut dengan clik (klik). Klik ada dua yaitu klik kiri dan klik kanan. Sedangkan bila kita tekan lalu ditahan dan digeser dikenal dengan drag. Didrag kemudian ditempatkan ke tempat yang diingikan maka dikenal dengan drop.

Mouse pertama kali digunakan untuk membantu pekerjaan yang bersifat grafis (gambar) karena menggambar dengan keyboard akan sulit sekali. Mouse mempunyai sebuah pointer yang akan bergerak sesuai dengan gerakan bola kecil yang terdapat pada mouse. Namun dengan menggeser, maka gambar segera tergambar dengan mudah. Kemudian perintah pelaksanaan pekerjaan cukup dengan menekan tombol pada mouse.

e. Modem

Jaringan internet hanya dapat diakses melalui modem karena sinyal analog dapat dimodulasikan (campur) didalam modem menjadi sinyal digital. Sebaliknya sinyal digital dari komputer ditransfer menjadi sinyal analog ke komputer lain.

Modem singkatan dari Modulator Demodulator fungsinya untuk menerima sinyal dari komputer yang berupa sinyal digital kemudian dimodulasi menjadi sinyal analog ke komputer lain. Modem adalah alat komunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima data dari satu komputer ke komputer lain.

Dalam proses transmisi data, modem mengubah sinyal digital ke sinyal analog dari komputer pengirim untuk ditransmisikan melalui saluran telepon. Dari saluran telepon tersebut oleh modem diubah kembali dari sinyal analog ke sinyal digital oleh komputer penerima.

Ada beberapa spesifikasi teknis yang perlu diperhatikan dalam pemilihan modem, yaitu: kecepatan transmisi, turn-around time (waktu pengubahan sinyal), error suceptibility (daya tahan terhadap error) dan cost (harga).

Sekurang-kurangnya harus dapat melayani volume data yang biasa dikirim dengan kecepatan yang memadai. Waktu yang diperlukan oleh modem untuk mengubah fungsinya dari pengiriman menjadi penerima atau sebaliknya. Jika data masege yang dikirim pedek dan berlangsung dari dua arah secara bergantian dengan jumlah besar, maka dapat terjadi bahwa sebagian besar dari waktu sistem digunakan untuk proses turn-around ini.

Daya tahan terhadap error, pada dasarnya tergantung dari kecepatan dan macam modulasi yang digunakan. Saluran komunikasi harus dibuat sedemikian rupa sehingga error rate dapat diperkecil, proses ini disebut line conditioning. Harga dari modem sebanding dengan kecepatan yang digunakan. Semakin cepat kecepatan modem semakin mahal pula harganya.

Modem dengan kecepatan tinggi berbanding dengan harganya. Semakin cepat kecepatan modem semakin mahal harganya. Saat ini modem tercepat yang tersedia ialah 56,6 kb/second. Akan tetapi kecepatan modem tersebut tidak di imbangi dengan jaringan telepon yang memadai untuk akses internet yang cepat.

Menurut tempatnya modem jenisnya ada dua yaitu: modem internal dan modem eksternal dimana keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Modem Internal

Modem ini teletak didalam chasing CPU untuk menghemat tempat dan kabel. Kekurangannya adalah modem ini menyita slot ekspansi didalam CPU yang diperlukan untuk keperluan Up Grade.

Lebih-lebih jika komputer yang dipakai itu komputer lama, maka akan meningkatkan suhu pada komputer dan panas ini akan mengganggu kinerjanya CPU. Karena letaknya didalam maka jika dipindahkan ke komputer lainnya mengalami kesulitan.

Letaknya yang berada didalam akan terjamin tentang keselamatan dari pada modem tersebut. Bentuk yang lebih kecil mengakibatkan modem internal ini lebih murah. Dan juga jika akan memindah ke komputer lain tentunya dengan cara membuka chasing CPU.

Modem Eksternal

Modem eksternal karena berada di luar chasing CPU memiliki fleksibilitas tinggi yang tidak dapat dimiliki modem internal. Lampu pengontrol kinerja modem dapat dilihat dari luar. Lampu statusnya dapat memberi isyarat kepada mata kita bahwa modem itu dalam keadaan on atau off. Melalui lampu itu dapat untuk mengetahui data diterima atau data itu dikirim.

Modem eksternal ini membutuhkan kabel untuk menghubungkan dari CPU ke modem dengan sebuah kabel RS 232 ke port modem. Dan juga perlu adanya catu daya artinya dari catu daya dihubungkan dengan sebuah kabel untuk menghidupkan modem.

Modem tergantung dari besarnya kecepatan untuk menerima dan mengirim sinyal ketelepon atau sebaliknya untuk itu jika ingin mengakses internet sebaiknya dilakukan pada pukul 03.00 sampai dengan pukul 05.00 karena jam-jam tersebut jaringan telepon tidak padat.

Menginstal Modem

Modem belumlah dapat disambyng dengan jaringan internet jika belu diinstal. Tahapan instalasi modem ini dilakukan agar komputer mengenal modem dengan tuntas agar dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer lain. Tanpa diinstalasi modem belumlah dapat dipakai untuk menghubungkan komputer dengan internet.

Perlu diperhatikan dalam penginstalan modem pasktikan bahwa jenis dan tipe modem sudah diketahui dengan benar sebelumnya. Jenis dan tipe modem dapat dilihat dari buku petunjuk yang ada pada buku setiap kali kita membeli modem. Jika salah memasukkan jenis dan tipe modem maka penginstalasian modem akan gagal dengan sendirinya.

Langkah-langkah menginstal modem adalah sebagai berikut:

1. Klik tombol start, pilih Setting.

2. Klik Control Panel, tnggu sampai muncul kotak dialog control panel.

clip_image008

Gambar Kotak dialog Control Panel

3. Klik dua kali icon Modems. tunggu sampai muncul kotak dialog Modem Propertie.

clip_image010

Gambar Kotak Dialog Modem Properies

4. Klik tab Add. tunggu sampai muncul kotak dialog Install New Modem.

clip_image012

Gambar Kotak dialog Install New Modem

5. Klik Next. Windows akan mendeteksi modem yang terpasang pada komputer.

6. Klik Next. tnggu sampai muncul kotak dialog Modem Properties yang menampilkan data dari modem yang telah diinstalsai.

clip_image014

Gambar Kotak dialog Modem Properties