Rabu, 17 September 2008

Pengertian Dasar Internet

1. Pengertian Internet

Kata internet tidak ada penjelasan yang standar, akan tetapi internet dapat diartikan sebagai kumpulan dari komputer, jaringan dan gateway yang saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Dapat juga internet yang sering kita ketahui lewat media elektronik dan media cetak bahwa kata internet adalah berasal dari kata inter dan net. Net berarti sambungan dan inter berarti antar untuk itu kata internet dapat diartikan sambungan dari beberapa komputer.

Ini salah satu situs internet yang dimiliki Kabupaten Rembang dan anda dapat mengaksesnya melalui http://rembangkab.go.id

clip_image002

Gambar 1.1 Situs Pemkab Rembang

a. Apa Internet itu

Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan lain dalam sebuah jaringan. Internet dapat menghubungkan komputer & jaringan jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Saat ini terdapat 30.000 jaringan yang terhubung dalam internet. Peranan Internet yang sangat penting yaitu:

1). Sebagai sumber data & informasi.

Internet menyimpan berbagai jenis informasi dengan jumlah yang tidak terbatas. Siapa saja yang terhubung ke internet dapat mengakses informasi tersebut.

2). Sarana pertukaran data & informasi.

Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer dengan komputer yang lain tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer tersebut. Dua komputer yang sama-sama terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lain.

Dengan kita main internet kita dapat mejelajahi dunia, kita dapat mengetahui dunia luar dari daerah kita bahkan dari negara lain, juga dapat digunakan ajang bisnis, chating, email, faximail, bahkan ke depan dapat untuk mematikan kompor gas, dan mengunci pintu dari jarak jauh dengan menggunakan remote kontrol.

Internet dapat menjanjikan sejumlah peran dan manfaat bagi setiap pemakai antara lain:

1) Komunikasi melalui internet untuk pertukaran berita atau komunikasi antar individu melalui email. Email adalah surat elektronik yang dikirim melalui internet. Peringiriman berita lewat email cukup dengan hitungan detik saja. Ribuan komputer bahkan jutaan komputer di dunia ini dapat kita hubungi lewat internet. Tanpa menggunakan amplop, perangko, kertas bakan tanpa ongkos perjalanan cukup dengan pulsa telepon saja. Melalui telepon itulah kita dapat mengirim gambar, teks, animasi klip vidio dan file media lainnya.

2) Resource Database dan Sharing internet dapat menghubungkan database yang besar untuk segala kebutuhan informasi. Dengan internet kita dapat mencari perangkat lunak, artikel, data atau program dari jutaan komputer yang dapat kita akses. Banyak web site dari perusahaan yang menyediakan program gratis seperti broswer, operating system, program dan pelayanan internet.

3) Resour Discovery dapat digunakan untuk penjelajahan internet dalan mencari file tertentu, dokumen atau sumber informasi lain yang tidak mudah kita dapatkan dipasaran. Dengan resour discovery bisa didapatkan dan dikembangkan untuk mencari informasi yang kita butuhkan. Istilah lainnya adalah navigator.

4) Database yang kita dapatkan dari internet tidak perlu kita ragukan, database yang kita dapatkan secara gratis untuk softwarenya dapat diambil lewat internet karena kita dapat berkomunikasi dengan komputer yang lain.

 

b. Sejarah Internet

Internet bermula dari kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika. Pada tahun 1969 ARPA (Advanced Research Project Agency) milik Departemen Pertahanan Amerika membuat sebuah jaringan yang digunakan untuk keperluan penelitian. Jaringan tersebut disebut ARPAnet. Jaringan tersebut kemudian digunakan oleh perguruan tinggi untuk keperluan penelitian yang dimulai oleh Univercity of Utah.

Tahun 1986 internet digunakan secara terbuka untuk umum. Tahun 1995 diperkirakan 25 juta orang telah menjadi pengguna internet. Pada tahun 1999 pengguna internet mencapai 196 juta orang, & pada tahun 2003 mencapai 502 juta orang. Pada tahun 2005 diperkirakan 1 miliar penduduk dunia akan terhubung satu dengan yang lain melalui internet.

Di Indonesia pada tahun 1995 pengguna internet mencapai 10.000 orang, tahun 1997 mencapai 100.000 orang, tahun 2001 mencapai 2,4 juta orang, tahun 2004 mencapai 4,2 juta orang dan diperkirakan tahun 2005 mencapai 5 juta orang.