Selasa, 16 September 2008

Dasar Dasar Sistem Jaringan Internet

1. Dasar-dasar Sistem Jaringan Internet

Komputer satu dengan komputer yang satunya lagi tidak dapat saling menerima atau memberi data atau informasi jika tanpa sambungan. Untuk itu jika komputer dengan komputer lain dapat menerima dan memberikan informasi maka perlu adanya sambungan baik kabel atau melalui udara dengan gelombang-gelombang radio/telepon.

a. Local Area Network (LAN)

Adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Umumnya dimiliki oleh perusahaan atau organisasi tertentu. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat didalam gedung

LAN singkatan dari Local Area Network. Tahun 1993, TIM Bernerrs-Lee dan peneliti lain dari European Particle Physics Lab Laboratorium Fisika di geneva Swis dengan Consei Europeen pour la Reccherche Nucleaire mengembangkan suatu cara untuk berhubungan melalui men-share, menghubungkan dua komputer antara kedua gedung yang berdekatan dengan menggunakan kabel telepon. Keduanya saling meberi dan menerima data dengan hypertext pada layar komputer dengan menggunakan sofware browser baru.

Jaringan lokal merupakan jaringan yangmenghubungkan natara satu komputer dengan komputer lain dalam satu aera gedung. Misalnya sekolahan dapat menggunakan jaringan LAN ini komputer di ruang kepala sekolah dengan ruang guru atau ruang osis, ruang komputer, ruang perpustakaan dengan menggunakan jaringan LAN. Jika tidak menggunakan LAN maka jika ingin menukarkan data atau informasi maka data yang ada dalam komputer di pindah ke disket atau flas disk lalu orangnya datang ke ruang yang dinginkan.

Kemampuan pertukaran atau komunikasi data dan informasi di antara komputer kemudian dikembangkan secara bertahap, melalui pertukaran informasi yang bersifat lokan yang disebut dengan LAN. Dimana data atau informasi dapat diolah di antara sejumlah komputer yang terhubung dalam satu area.

clip_image002

Gambar Jaringan LAN komputer dalam Internet

b. Metropolitan Area Network (MAN)

Metroplitan Area Network (MAN) adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. MAN umumnya digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan. Misalnya saja Kantor Dinas Pendidikan dengan Kantor Kabupaten maka komputernya disambung lewat jaringan MAN. Hal ini dibuat untuk tujuan berbagai data antara satu instansi dengan instansi lain. MAN dapat dimanfaatkan oelh pemerintah maupun Swata. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

c. Wide Area Network (WAN)

Setelah kedua komputer ini saling menukar informasi, maka para penemu ini mempunyai gagasan bagaimana kalau pertukaran informasi ini tidak menggunakan kabel telepon tetapi menggunakan gelombang-gelombang radio melalui udara untuk itu maka terbetuklah jaringan yang disebut dengan WAN.

WAN singkatan dari Wide Area Network. Artinya suatu jaringan kerja komputer yang jakauan daerahnya lebih luas. Jankauan komputer untuk mengirim data atau informasi dari daerah satu ke daerah satunya lagi yang jaraknya cukup jauh bisa puluan kilo meter bahkan ratusan dan ribuan kilo meter.

Dikembangkan WAN ini agar mampu menjangkau daerah yang lebih luas. Dimana data dan informasi dapat dipertukarkan di antara sejumlah komputer yang terhubung dalam beberapa lokasi yang terbesar. Tentu saja pertukaran ini hanya dapat dilakukan pada komputer-komputer yang sudah dihubungkan atau sudah masuk jaringan. Pertukaran data dan informasinya lebih ternuka dengan jaringan yang lebih luas.

clip_image004

Gambar 1.7 Jaringan WAN komputer dalam Internet

Pertukaran data yang lebih luas dan lebih terbuka inilah yang menjadi kenyataan dari teknologi internet. Internet dapat diartikan sebagai kumpulan komputer yang saling terhubung satu dengan lain melalui jaringan yang bertingkat. Jika komputer kita terhubung dengan jutaan komputer yang letaknya tersebar di seluruh dunia.

Internet merupakan teknologi yang tercepat perkembangannya. Komputer dengan fungsi awalnya sebagai pengolah data, berkembang menjadi salah satu alat komunikasi yang mendukung teknologi internet.

Banyak yang harus diketahui tentang jaringan.

Baik LAN atau WAN dapat juga dipasang sebuah HAP. HAP singkatan dari Host Area Port adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya agar komputer ini saling behubungan. HAP dapat juga disebut FES singkatan dari Fast Ethernet Switch. Dimana alat alat itu berfungsi untuk menyambung antar komputer dengan sebuah pin dan kabel telepon.

clip_image006

HAP/FES ada yang terdiri dari 8 port atau 16 port, alat ini dihubungkan dengan sebuah satu komputer server yang kemampuannya lebih besar dapat juga menggunakan komputer intel penthium 4 dengan 7 atau 8 sambungan komputer.

Gambar 1.8 D-Link (Hort Area Port)

Host terminal jaringan ini terdiri dari sebuah atau lebih server yang dihubungkan dalam suatu drumb terminal. Karena drumb terminal hanyalah sebuah monitor yang dihubungkan dengan menggunakan kabel RS 232, maka pemrosesan data dilakukan di dalam server. Oleh karena itu, server haruslah sebuah komputer yang memiliki kemampuan pemrosesan tinggi dan penyimpan data sangat besar.

Client Server jaringan ini terdiri dari server atau yang dihubungkan dengan beberapa client. Server bertugas menyediakan layanan. Bermacam-macam jenis layanan yang dapat diberikan oleh server. Misalnya adalah pengaksesan berkas, peripherial, database dan informasi.

Drumb terminal dengan client server memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jika drumb terminal pengaksesan data dan informasi berada di terminal komputer itu sendiri. Sedangkan client server pengaksesan data dan informasi berada di satu server maka penyimpangan data lebih tinggi dari pada drumb terminal.

Peer to peer terdiri dari beberapa terminal komputer yang dihubungkan dengan media kabel. Secara prinsip hubungan peer to peer ini adalah bahwa setiap komputer dapat berfungsi sebagai server. Client yang lain dapat difungsikan dalam satu waktu besamaan.

d. Internet

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat besar yang dapat mencakup seluruh dunia. Orang-orang yang tergabung ke Internet berarti terhubung ke semua komputer yang ada di dunia yang juga terhubung ke Internet.

e. Jaringa Tanpa Kabel

Jaringan tanpa kabel atau lebih sering disebut jaringan nirkabel (wireless network) adalah jaringan yang tidakmembutuhkan kabel-kabel untuk menghubungkan komputer yang tergabung dalam satu jaringan. Seiring dengan semakin tingginya tingkat mobilitas manusia, maka jaringan nirekabel merupakan solusi yang tepat. Dengan jaringan nirekabel, kita dapat mengakses informasi dari mana saja tanpa harus tetap berada pada satu tempat tertentu.

Manfaat Jaringan Komputer :

1. Membagi Sumber daya

2. Reliabilitas tinggi

3. Menghemat uang

4. Sebagai sarana komunikasi